Senin, 05 November 2012

H-1 = Kalah Sama Waktu

http://www.shutterstock.com/pic-114643681/
Saya punya pengalaman lucu waktu semester dua. Ceritanya lagi praktikum mata kuliah Komunikasi Kelompok. Waktu itu presentasi tugas wawancara komunitas di kota Bogor. Ini merupakan pengalaman wawancara paling awkward sealam semesta yang gamau saya ulangi atau saya ceritakan.

Tugasnya dikerjain bertiga. Kalo ga salah sih disuruh menceritakan pengalaman mengerjakan tugas itu. Intinya, kelompok kami ini disiplin. Kami tidak suka menunda pengerjaan tugas. Takutnya, makin ditunda makin numpuk. Apalagi kuliah di Diploma, tugasnya itu dikiiiit banget (baca : kebalikannya). Jadi tiap hari tugasnya muncul lagi, muncul lagi. Sampe bikin mahasiswanya mabok. Hahahahahahhaha!

Giliran kelompok lain maju, hampir semua kelompok ngakunya kalo mereka ngerjain tugasnya nyantai, nyelow, karena mereka yakin tugas akan selesai pada waktunya. Ngerjain tugas ga perlu diburu-buru. Sial! Seakan saya dan teman-teman sekelompok yang bertiga itu ngerjain tugasnya diburu-buru. Padahal ga, lho. Cuma karena jadwal wawancara kami dengan komunitas itu di hari yang sama dengan hari saat tugas diberikan, bukan berarti hidup kami ga santai.



Justru, ngerjain tugas jauh dari hari H pengumpulan itu yang bikin kita santai.

Soalnya kita ga bakal stres, ga dikejar waktu, ga merasa diburu-buru, ga ngerasain tugas yang numpuk. Mirip kayak utang. Makin ditolak, makin datang. Kalo kita nunda bayar utang, bunga yang meradang. Bunga utang terus naik sampe langit keseratus. Ujung-ujungnya, tekor di kita. Mau bayar susah, mau nyicil makin males. Sama kayak tugas. Makin kita biarin, makin beranak pinak. Udah ngerjainnya kudu pake mikir. Belom kalo lagi ga mood. Oh tidak!
http://www.shutterstock.com/pic-114196144/

Sebetulnya waktu ga ngejar kita. Waktu ga mau nangkep kita. Waktu ga butuh kita. Waktu tetap berjalan seperti sedia kala seperti jarum jam tetap berputar pada porosnya. Dan jelas waktu ga peduli walau kita masih butuh lebih banyak waktu buat ngerjain tugas. Justru kalo kita mengerjakan tugas di H-1 = kalah sama waktu. Udah disediakan waktu malah kita buang. Giliran waktunya mau habis, baru kita kayak ditantang perang.


Untuk siapa saja, khususnya para mahasiswa, seperti kata teman saya, "kita terlalu menggampangkan segala hal." Dari pada stres pada H-1, lebih baik memanfaatkan waktu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar