Kamis, 05 Juni 2014

#TipsMahasiswa Yuk Bikin Mind Mapping!

mind mapping
Insya Allah gue akan sidang tanggal 9 Juni. Untuk meningkatkan minat belajar #halah gue balik ke kebiasaan lama yang mulai gue tinggalkan karena makan waktu. Yap, ini dia, mind mapping. Menurut gue belajar dengan cara ini efektif. Kenapa? Karena bikin gue hepi :)) Gue harus mancing diri sendiri biar merasa enjoy selama belajar. Dengan tulisan warna-warni kayak gini semoga gue lebih mudah mencerna. Soalnya gue boseeen baca tulisan sendiri yang tebalnya berpuluh-puluh halaman itu. Mind mapping ini isinya kebanyakan teori karena itu salah satu kekhawatiran gue. 


Tips buat kalian yang mau belajar tapi ga semangat, bisa coba mind mapping nih!
1. Bisa bikin di kertas atau di software berbasis vektor kayak punya gue
2. Bikin dengan warna-warna kesukaan kalian
3. Kalo kalian sukanya warna gelap, mind mappingnya mending pake warna mejikuhibiniu aja deh
4. Kalo di kertas, keluarin peralatan "bermain" kalian seperti pensil warna, krayon, spidol, pulpen warna-warni, kertas warna-warni, kertas motif, apapun! Asal bikin ceria dan hepi
5. Kalo pake software, download berbagai jenis font yang menarik biar mata kalian seeegeeer dan ga bosen pas bacanya
6. Ga ada rumus atau pakem tertentu, silakan berkreas

Mind mapping ala gue sih triknya
1. Pengantar pembahasan pakai warna ijo
2. Pembahasan pake warna kuning
3. Teori yang jadi pijakan utama dalam karya ilmiah gue pake warna biru
4. Teori pendukung atau "pancingan" pake warna ungu
5. Ada tanda panah

Oh ya, apa itu pancingan? Pancingan bisa jadi penjelasan tambahan, teori sekunder, atau justru pertanyaan yang gue buat untuk memancing gue menjawab secara kreatif. Misalnya, gue bilang bersepeda itu bikin sehat. Kenapa bisa bikin sehat? Kenapa bersepeda, bukan olahraga lain? Apa kelebihannya? Apa kekurangannya? Kira-kira begitu. Jadi gue mencoba berpikir sebagai dosen penguji atau audiens ketika gue seminar. Gue nebak, apa ya yang mungkin orang tanya setelah gue melakukan presentasi, apa ya yang bikin orang penasaran. Bisa dibilang, itu antisipasi gue menghadapi pertanyaan orang.

Mind mapping juga memudahkan gue memetakan pikiran sekaligus menyederhanakan karya ilmiah gue. Kesukaan gue bikin mind mapping ini muncul sejak SMA waktu dapet mata pelajaran Biologi. Guru gue waktu itu mewajibkan murid-muridnya bikin mind mapping. Bahkan gue bisa dapet nilai bagus dari bikin mind mapping. Bukan cuma dari ulangan doang! Seru kan? Dulu gue sampe ngejahit buku, dikasi renda, terus dipasangin kancing. Bukunya itu kalo dibuka kertasnya panjaaaaang banget karena dilipat-lipat kayak brosur. Sayang bukunya udah ga ada. Semoga bermanfaat ya, temans!

4 komentar: