Reviu Vendor Tunangan (Nikahnya Gajadi, tapi Sayang Kalo Di-take Down


Leuweung Geledegan Ecologde Bogor



Ecologdge adalah konsep penginapan yang memiliki dampak minimal terhadap lingkungan. Artinya, penginapan ini harusnya ramah lingkungan dan memiliki kontribusi terhadap masyarakat lokal. Saya kurang tahu bagaimana mereka mengaplikasikan konsep itu. Saya yakin, sih, mereka pasti menggunakan warga sekitar sebagai tenaga kerja. Soalnya, siapa yang mau jauh-jauh ke mari untuk bekerja tiap hari?



Leuweung Geledegan terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Satu-satunya cara untuk menjangkaunya dari pusat Kota Bogor adalah lewat jalan naik di belakang Mall BTM. Pokoknya, jalan lurus saja, mengikuti satu-satunya ruas jalan utama yang ada di sana. Ikuti saja petunjuk di Google Maps.

Sumber: website Leuweung Geledegan


Sebenarnya ada dua gunung lagi yang dapat kamu nikmati pemandangannya yaitu Gunung Mulya dan Gunung Malang. Dari sudut yang tepat, kamu dapat melihat ketiga gunung ini. Karena berada di kaki gunung, jelas udaranya sejuk dan airnya sangat jernih berlimpah. Tanamannya juga banyak, bahkan ada pohon sakura! Pada malam hari suhunya bisa turun di bawah 21 derajat.



Selain sebagai penginapan, ada tiga balai serba guna yang dapat digunakan untuk acara kantor maupun keluarga. Tempat di pinggir kolam renang populer sekali sebagai lokasi resepsi pernikahan outdoor. Kamu dapat melihat foto-foto indahnya lewat Instagram Leuweung Geledegan yang sudah centang biru. Untuk menginap, ada tiga pilihan kamar yaitu:
  • Lodge A dengan harga Rp1.200.000 yang cukup untuk dua orang.
  • Lodge B dengan harga Rp1.650.000 yang cukup untuk lima orang.
  • Lodge C dengan harga Rp1.850.000 yang cukup untuk enam orang.


Saya dan teman menempati Lodge A. Fasilitasnya sebagai berikut:
  • Kasur ukuran king size
  • Sofa dengan dua dudukan
  • Meja kopi 
  • Kabinet mini di bawah TV
  • TV 32 inch dengan saluran lokal
  • Satu bean bag
  • Hanger dan sudut untuk menggantung baju
  • Dua botol air minum ukuran 600ml
  • Dua handuk
  • Toilet duduk
  • Shower
  • Water heater
  • AC
  • Wifi
  • Sabun dan sampo
  • Dua kursi di teras
  • Satu payung


Kamarnya besar dan berdinding terpal. Karena ruangannya dibuat dari terpal, suara dari luar sangat jelas masuk ke dalam. Saat hujan, berisik sekali. Begitu juga dengan suara live music dari tamu-tamu lain. Saya agak heran karena live music masih berlangsung pada jam 9 malam. Ditambah lagi, staf juga memasang musik dari kaset lewat pengeras suara. Suasana jadi sangat berisik dan bikin sulit tidur. 



Saya menyayangkan, dengan harga Rp1.200.000, tidak ada teko air panas dalam kamar. Tidak ada sendal hotel juga. Bahkan, kita tidak bisa memesan layanan kamar (walau bayar). Tamu harus makan di restoran, bukan diantar ke kamar. Jelas fasilitasnya terlalu minim, kalah dengan hotel yang harga per malamnya cuma Rp500.0000. 



Ada keluhan lain yang saya miliki. Pada 18 Maret 2022, saya dan pacar datang ke sana untuk cek lokasi. Cuma lihat-lihat saja. Namun, kami "dihadang" staf yang menanyakan tujuan kami. Saya bilang, ingin lihat-lihat karena saya sudah booking tempat untuk tunangan tanggal 28 Maret 2022. Staf "mengusir secara halus" dan bilang tidak ada booking tempat. Ini jelas tidak sopan.



Pertama, tentu saja saya sudah booking. Tempat ini selalu ramai, mana bisa saya booking dadakan. Kedua, apa yang salah dengan lihat-lihat saja? Tempat ini bukan hanya penginapan, loh. Ada restoran, kafe, dan kolam renang. Walau pada hari H staf melayani dengan baik, saya tetap tersinggung dengan perilaku staf pada 18 Maret 2022. Ketika saya bahas hal ini di status close friend, beberapa DM masuk mengeluhkan hal serupa. Begitu juga kalau kamu cek di Google Review.

Oh, ya, soal makanan, rasanya enak kok. Kecuali roti tawar yang kata adik saya keras seperti batu. Selain itu, pemandangannya benar-benar indah. Apalagi ketika matahari terbenam. Romantis! Sayang, tempat ini kurang cocok untuk anak-anak dan lansia. Kontur tanahnya tidak rata dan sedikit ekstrim. Ada banyak tanjangan, turunan, tangga, dan jalan berbatu. Lokasinya hanya cocok untuk orang yang dapat berjalan dengan baik.

Osamu Pictures



Saya dan pacar belum pernah melakukan sesi foto bersama. Jadi, ini pertamanya kali benar-benar difoto dengan fotografer. Ternyata, fotografernya adalah adik kelas saya di D3 IPB. Dia angkatan 49. Saya difoto sejak berdandan. Sementara Faisal difoto sejak datang ke venue. Kamu bisa lihat foto-fotonya, bagus kan?



Awalnya, saya berencana tidak pakai jasa fotografer. Rata-rata fotografer acara tunangan, midodareni, dan pengajian mematok harga sebesar Rp4.000.000. Menurut saya, sayang sekali mengeluarkan budget sebesar itu. Lebih baik kami investasi untuk fotografer acara pernikahan saja. Kan, kalau pernikahan, harus ada memori yang bisa dikenang kembali. Biasanya, sih, fotografer pernikahan mematok harga Rp8.000.0000--10.000.000.



Saya senang karena Osamu Pictures sangat sopan dan sabar mengarahkan gaya. Saya dan Faisal bukan orang yang fotogenic atau terbiasa difoto, jadi kami sedikit kaku. Osamu Pictures mampu menangkapn momen-momen itu. Menariknya lagi, mereka memberikan foto yang sudah di-retouch dan yang tanpa retouch. Biasanya, fotografer kurang suka memberikan foto mentah pada klien.



Hasil retouch-nya juga bagus (walau menurut Faisal terlalu putih). Orang tua kami nampaknya puas karena saya tidak mendengar komentar sumbang. Teman-teman saya sih, suka sekali dengan hasil fotonya. Saya pribadi sangat merekomendasikan Osamu Pictures. Saya juga bangga, loh, lulusan D3 IPB mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri dan kerjanya sangat profesional.

NJ Makeup Artist



NJ adalah MUA yang berasal dari Makassar. Ia juga sempat berkarir sebagai MUA di Jayapura dan kini memulai lagi di Bogor. NJ adalah temannya teman saya semasa sekolah dulu di Sulawesi. Hasil makeup-nya di teman saya sangat bagus, jadi saya yakin menggunakannya. Biaya makeup untuk acara tunangan adalah Rp800.000 ditambah biaya transportasi Rp100.000. 



NJ sendiri sudah berguru dengan makeup guru ternama di Indonesia seperti Anpasuha dan Bennu Sorumba. Uniknya lagi, ia menjadi MUA bukan karena passion, tapi karena realistis. Menurutnya, selama masih ada perempuan di dunia ini, maka kebutuhan akan MUA yang memiliki skill tinggi pasti takkan habis. Perempuan akan selalu butuh merasa tampil cantik dan spesial, terutama di hari-hari penting hidupnya.

Menurut saya, sih, hasil makeupnya 50:50. Sebagian bilang saya cantik, sebagian lagi bilang tidak. Saya pribadi kurang suka dengan makeup matanya. Mata saya jadi kelihatan kecil dan mengantuk. Namun, warnanya pas kok dengan pakaian dan selop saya. Makeup soft glam peach ini juga terlihat bagus di depan kamera. Walau bukan penampilan terbaik saya, tapi saya senang.

Unificatio



Ini adalah vendor kesayangan saya 😍 Unificatio adalah vendor sepatu dan sandal khusus untuk pesta pernikahan. Kamu bisa menghubungi mereka via Instagram, website Bride Story, atau marketplace. Mungkin jumlah desain sepatu mereka mencapai ratusan, saking banyaknya. Desainnya benar-benar indah dan ga pasaran! Saya jatuh cinta sekali dengan hasilnya.



Selain itu, kamu bisa:
  • Custom warna
  • Custom payetnya
  • Custom bahannya
  • Minta percepetan (saya pre-order selama 20 hari)
  • Custom tinggi haknya


Sepatunya juga sangat nyaman digunakan, padahal Leuweung Geledegan memiliki kontur tanah yang ekstrem. Sepatunya terlihat mewah! Harga sepatu saya Rp1.100.000 dengan hak 3cm. Semakin tinggi haknya, harga semakin mahal. Menurut saya, harga tersebut sudah sangat worth it. Apalagi pelayanannya juga bagus.

Sebagai pembanding, kalau mau sepatu pernikahan yang lebih premium, kamu bisa pesan di Langkah by Lina Lee. Sepatunya juga bagus-bagus. Harganya Rp2.000.000--4.000.000 dan biasa digunakan oleh figur publik. Saya punya satu (bukan yang untuk menikah) dan desainnya bagus. Sepatunya juga nyaman digunakan.

Yadi Tailor



Saya suka sekali pakaian saya saat tunangan. Atasannya adalah pemberian temannya ibu dari butik di Jakarta. Bajunya elegan dan nyaman digunakan. Nah, sayangnya, bawahannya berupa celana. Ibu saya bilang, rasanya kurang elegan kalau tunangan pakai celana. Akhirnya kami menjahitkan h-line dress dengan bahan satin dan kombinasi tulle di bagian bawah. Hasilnya sangat indah!


Baju Faisal baik kemeja maupun celana wol juga jahit di sini. Begitu pula pakaian dari keluarga saya. Saya sangat puas dengan hasilnya. Yadi Tailor adalah langganan ibu saya selama lebih dari 10 tahun. Selain kualitas jahitan yang bagus, ia juga enak diajak berdiskusi soal desain. Ia mau dan mencoba beragam desain yang ibu saya buat. 



Sebenarnya, Yadi Tailor sudah membuatkan saya gaun untuk tunangan. Namun, tukang payet langganannya pindah rumah sehingga gaun saya terlihat seperti baju yang belum selesai dijahit. Karena itulah, saya memutuskan pakai baju dari teman ibu. Saya sempat kok, berusaha mencari tukang payet. Sulit sekali menemukan yang mau memayet baju saya.



Saya sempat menghubungi rumah jahit Ani Djoko. Tanggapannya buruk. Ia cuma bilang harganya mahal, tidak mau menyebutkan nominalnya. Ia juga tidak mau menjawab ketika saya tanya apakah bajunya bisa selesai tepat waktu. Ia justu bersikukuh harusnya baju itu tidak dipayet full karena akan mahal. Saya tidak peduli, kenapa memang kalau payetnya full? Toh, saya kan bayar...

Sebagai perbandingan, atasan yang saya pakai dari teman ibu ini harganya Rp5.000.000. Kalau biaya payetnya di bawah Rp5.000.000, saya masih oke kok. Tanggapan yang buruk dari rumah jahit Ani Djoko membuat saya tersinggung. Saya memberinya bintang 1 di Google. Beliau tidak terima dan langsung chat saya panjang lebar via Whatsapp 😄 Sangat tidak profesional. Kamu bisa cek sendiri di Google, bukan cuma saya yang mengeluhkan pelayanan rumah jahit Ani Djoko.

Nomor hp Yadi Tailor

0852-1659-5196

Diamond and Co



HASILNYA BAGUS BANGET! Saya jatuh cinta dengan cincin berlian solitaire ini. Katanya, sih, rangka Hong Kong. Saya kurang paham kenapa berlian dengan rangka Hong Kong jauh lebih disukai orang. Sebenarnya saya sempat ragu mau pakai cincin dengan model solitaire. Saya merasa, model cincin ini kurang cocok dengan jari gendut saya. 

Saya terkejut karena hasilnya bagus sekali di jari. Begitu juga dengan cincin Faisal. Faisal juga memberi saya gelang. Saya cuma bisa bilang gelangnya bagus, tidak tahu mau komentar apalagi. Kalau soal pelayanan dengan Diamond and Co saya juga puas banget. Perhiasan ini dibeli saat Valentine, jadi saya dapat coklat gratis berbentuk hati. 



Sebenarnya waktu pesannya agak lama. Cincin custom bisa kamu dapat setelah pre-order sekitar 20--30 hari. Kerennya, Diamond and Co menyanggupi waktu pesan yang hanya 10 hari! Saya custom:
  • Ukuran, karena jari saya dan Faisal gendut
  • Ukiran nama 
  • Emasnya yaitu emas putih
  • Berliannya


Kamu dapat menemukan Diamond and Co di mall-mall terdekat. Karena karat berlian dan kadar emasnya agak besar, harganya jadi agak pricey. Orang tua saya bilang gapapa mahal kan buat sekali seumur hidup. Aamiin! Saya pribadi ga nyesel sih, karena mahal. Faisal juga suka (dia cuma mau emas putih). Setiap memilih cincin, Faisal selalu wanti-wanti agar kami hanya beli emas putih.

Kalau boleh jujur, saya sebetulnya mau cincin yang lebih nyentrik. Saya mau cincin yang beda dari yang lain. Bukan emas juga gapapa, asalkan sesuai selera. Mungkin cincin bertema Harry Potter atau Eragon 😂😂😂😂😂😂 Sayangnya, orang tua kami pasti tidak setuju. Yah, biar dapat restu, kami mengalah dulu HAHA. Nanti kalau sudah nikah, kami akan custom cincin yang aneh bentuknya.

Rina Rahmadi



Saya punya cita-cita menikah dengan tema rustic. Ternyata, ketika bertunangan, impian saya jadi kenyataan. Secara garis besar dekorasinya bagus. Rina Rahmadi juga punya follower yang besar di Instagram. Kamu juga bisa cek layanannya di Bride Story. Bahkan, teman saya juga hampir menggunakan jasanya.



Sayangnya. Rina Rahmadi bukan vendor dekor yang amanah. Pada hari H ia tidak bisa dihubungi. Ibu saya marah sekali. Soalnya, di venue acara tunangan saya, tidak ada dekorasi inisial nama saya dan Faisal. Rina Rahmadi sendiri sempat menyarankan plang ucapan selamat datang kepada keluarga Faisal. Plang itu tidak ada pada hari H. Bahkan buket bunga saya diikat dengan tali yang seperti tali sepatu....

Buket dari vendor lain yang pitanya bagus

Buket Rina Rahmadi dengan tali yang jelek


Selain itu, bunga-bunga pada kursi diikat dengan tali rafia sehingga terlihat buruk sekali. Untunglah, staf Leuweung Geledegan membantu orang tua saya memperbaiki dekorasi yang kacau itu. Bunga-bunga di lantai menggunakan styrofoam sehingga terlihat murahan. Adik saya juga protes kenapa dekorasi di tengah ruangan menggunakan besi yang sudah berkarat.



Ia bahkan melihat story-story saya dan tidak memberikan permintaan maaf. Ketika tahu bahwa saya juga memeriksa akunnya, ia mem-private akun. Ya ampun, buruk sekali... Untungnya, secara garis besar, venue tetap terlihat cantik. Saya akui sebenarnya dekorasinya bagus kok. Hanya saja, kekurangan-kekurangan tersebut diperparah dengan sikapnya yang tidak bisa dihubungi.

Tips Memilih Vendor

  • Biasanya, pihak hotel atau gedung telah memiliki perjanjian kerja sama dengan para vendor. Kalau kamu menggunakan vendor yang tidak memiliki kemitraan dengan pihak hotel, kamu akan kena charge sekitar Rp2.000.000. Jadi, sebenarnya, pilihan vendor yang bisa kamu gunakan cukup terbatas.
  • Tempat seperti Leuweung Geledegan selalu ramai, di hari apa pun kamu menggelar acara. Jadi kamu perlu booking jauh-jauh hari. Apalagi kalau kamu harus menginap dengan keluarga. Jaraknya juga jauh dari mana-mana, jadi pastikan kamu berangkat lebih awal. Apalagi, rute ke sana macet sekali.
  • Mau jahit baju tunangan dan baju pernikahan supaya eksklusif? Tidak suka sewa? Jarak pesannya sekitar 3--4 bulan sebelum hari H. Kalau dadakan, pasti ada biaya tambahan. Nah, jelas ya, jahit sendiri pasti mahal. 
  • Untuk pesan cincin kamu dapat melakukannya minimal 1 bulan sebelum acara. Saya sudah bahas lengkap di sini.
  • Jika kamu memang ingin pakai jasa fotografer, hindari asal pilih vendor. Hal ini juga berlaku untuk makeup, loh. Kalau harganya terlalu murah, kemungkinan besar hasilnya buruk. Saya sempat melihat hasil foto pernikahan seorang teman SMA. Ia pakai jasa fotografer, tapi hasil fotonya seperti foto asal-asalan pakai android.
  • Hati-hati, ada tamu undangan yang memesan makanan di luar menu prasmanan yang kamu siapkan. Sebaiknya kamu memberi tahu pihak hotel untuk close order. Supaya kasir tidak menerima pesanan lagi dan tagihan kamu tidak membengkak.

1 Komentar

  1. Rina rahmadi project dengan admin rina rahmadi dan henni dkk tidak amanah ni vendor.. mereka soal DP dan pembayaran gercep komunikasi selain itu mrk cuek.. klo vendor bermasalah sudah jelas psti akun sosmed nya non aktifin komennya.. hati2 klo dia punya usaha lain ( ganti nama ) kalian haris lebih hati2 pilih vendor liat background pemilik nya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama