Senin, 21 April 2014

B Blog's, I A.M a Blogger: Cerita tentang Beranda Linda

Why Blog ? - stock photo
shutterstock.com

Beberapa hari ini saya lagi suntuk buat nulis makalah dan tugas akhir. Agak bosen gitu lho. Soalnya saya udah tulis ulang dua kali. Naaah betulin format penulisan kan kudu teliti apalagi persyaratannya banyak banget. Jadi saya istirahat dulu deh. Kalo mood saya sentuh dikit. Tapi sekarang saya lagi santai banget J

Selama pkl saya jarang tuh buka blog apalagi blogwalking. Wah jadi merasa ga enak hati. Blog ga keurus, silaturahmi dengan sesama blogger pun ga jalan. Makanya sekarang jadi ajang balas dendam, hehe. Saya berusaha berkunjung ke blog teman-teman. Banyak giveaway lagi, kan makin semangat jadinya #adamaunya


Saya kenal blog sejak kelas 2 SMA. Saya pernah menulis tentang ini. Awalnya sih sederhana, pengen nulis terus dibaca banyak orang. Soalnya dari kecil saya sukaaaa banget nulis. Ya cerpen, puisi, kalo curhatan sih jarang. Inspirasi utama saya dari Majalah Bobo. Dulu karena masih anak-anak dan belum punya gadget sendiri, saya mengandalkan buku tulis. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menumpahkan isi kepala. Seru!

Saya salah satu penulisnya (sumber)

Setelah kenal blog, saya jadi punya semangat baru untuk belajar menulis lebih baik lagi. Sebab tulisan itu tidak hanya dikonsumsi pribadi tapi juga para pembaca. Saya juga mendapat teman-teman baru dan bisa saling berkunjung. Tidak hanya menerima pujian maupun kritik, saya pun bisa ikut aktif memberi masukan pada tulisan teman-teman. Proses belajar pun terus berjalan.

Oh ya ini blog kesekian saya. Berbagai macam platform blog sudah saya coba dan paling awet sama yang ini, blog yang telah saya miliki sejak Desember 2011. Awalnya pun bikin di blogspot karena keperluan posting tugas kuliah. Sebelumnya saya pernah coba di Multiply, Tumblr, Wordpress, Blogdetik, dan Kompasiana. Kalo blogspot ini lebih user friendly, mudah diotak-atik, dan melimpah tutorialnya.

Sejak awal saya memang pakai nama Beranda Linda. Kenapa? Karena beranda itu kan artinya teras. Saya menganggap siapapun yang datang ke mari adalah tamu. Mereka akan masuk lewat teras baru ke dalam rumah. Dan saya akan menyambutnya dengan senang hati J Lagi pula saya suka rimanya. Saya juga belum pernah mendengar nama blog dengan awalan beranda (atau saya saja yang tidak tahu).

Kalo soal tema, saya memang tidak mengkhususkannya. Sebenarnya karena ini blog pribadi saya, ini adalah cerminan diri saya. Temanya ya saya sendiri. Saya suka menulis fiksi, resensi, kadang curhatan, cerita tentang kuliah, dan berbagai macam lomba atau giveaway. Memang gaya bahasanya saya bedakan. Curhatan akan pakai “lo-gue” sementara tulisan lainnya menggunakan kata “saya”. Jadi pembedanya jelas mana lagi curhat mana ada muatannya yang bisa diambil ehehehe. Oh ya yang saya maksud resensi itu tidak terbatas buku ya. Mungkin orang lebih familiar dengan sebutan “review”.

Jika membahas keuntungan, tentu banyak sekali yang saya dapatkan selama ngeblog. Jelas, saya jadi banyak belajar sekaligus mendapat pengalaman baik dalam dunia tulis menulis maupun blogging. Saya juga bisa menemukan teman atau komunitas dengan minat yang sama. Meski saya akui saya bukan blogger yang aktif apalagi untuk kopdar. Namun saya tetap punya banyak kenalan.

Informasi pun mudah didapat. Saya bisa mengikuti berbagai kegiatan. Beberapa kali saya berpartisipasi dalam proyek menulis buku indie baik untuk kegiatan amal maupun dijual. Saya juga suka mencari lomba dengan hadiah menggiurkan atau sekedar mengikuti tantangan menulis fiksi. Dengan terbiasa terus menulis, saya terdorong untuk kreatif. Saya harus selalu berusaha mendapatkan ide.

Menurut saya menjadi blogger adalah sebuah kebanggaan. Sebab tidak semua orang suka dan terbiasa menulis. Bahkan ada yang memulai sebuah kalimat saja sulit (kadang masih saya alami). Kalo teman-teman tengok lowongan freelance dalam bidang menulis atau blogging, jumlahnya melimpah ruah. Bisa dibilang, blogging memiliki potensi menjadi ladang uang.

Saya tidak punya tips dan trick khusus sebagai seorang blogger. Saya hanya berusaha menjadi diri sendiri J Inilah tulisan saya, sudut pandang saya, apa yang saya suka dan tidak suka. Blog memberi saya kebebasan. Saya berusaha untuk tidak latah dalam menulis. Karena tidak selamanya kita bisa mengikuti orang lain meskipun itu baik. Dunia akan membosankan. Makanya misal dalam menulis fiksi saya berusaha menunjukkan sesuatu yang beda. Misalnya kenapa saya suka menaruh konflik di pembukaan atau membuat ending ngetwist. Dengan berbeda dari kebanyakan yang ada, kita akan memberi warna tersendiri dan menghindari rasa bosan dari pembaca.

BTW, salah satu keasyikan kita ngeblog itu kalo ikut lomba berhadiah kan? Nah ini dia ada yang menggiuarkan. Ini proyek yang diadakan oleh B Blog Indonesia atau Bina Blog Indonesia yaitu wadah bagi para blogger untuk mencoba produk baru, mendiskusikannya, maupun mendapat informari terkini mengenai suatu produk. Dengan kata lain, kita mempunyai kesempatan untuk membuat review. Asyik kan? Kita dapat kesempatan untuk tahu duluan dibanding orang lain. Kita bisa mencobanya lalu memberi tahu kelebihan maupunk kekurangannya.


Caranya gampang! Cukup jadi anggota. Seperti saya yang baru saja mendaftar dan ikut proyek B.Blog’s, I A.M a Blogger yang berlangsung 17 April sampai dengan 15 Mei 2014. Hadiahnya? Jangan ditanya. Banyak! Mau kan? :D

 B Blog Indonesia



Acara ini diorganisir oleh B Blog Indonesia (https://www.bblog.web.id/about/id) dan disponsori oleh :



22 komentar:

  1. Baru masuk beranda aja dah betah deh saya, apalagi kalau masuk kamarmu ya! hehehe keren deh! selamat ya semoga sukses,pengen ikutan sih tapi masih malu-mlalu Kudanil ah! ngumpet lagi deh saya! salam kenal dari Cianjur!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa ikutan aja yuk hehe kenapa harus malu :D


      makasih udah mampir

      Hapus
  2. udah ikutan mak, semoga sukses mak :)

    BalasHapus
  3. Mau jugaa dapet hadiaah

    BalasHapus
  4. Wow... keren. Jadi pengen ikutan lombanya nih. TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
  5. Hay erlinda SW..
    Sudah lama nh gak tidak berjumpa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmmzz,,,:)
      Masih knl agak lin ma MuLL

      Hapus
    2. Ehmmz..
      Masih inget aj ma nama itu lin..
      Apa kabar lin..!!?

      Hapus
    3. alhamdulillah baik :) masih kan ga amnesia haha

      Hapus
  6. Mbaak aku pengen ikutan kontes ini, tapi kok syaratnya rumit banget yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga rumit kok :D coba aja pelan-pelan diikutin petunjuknya hehe atau ada pertanyaan?

      Hapus
  7. halow linda, gua juga sebenernya baru sempet buka blog gua lagi hohoho
    pengen deh jadi anggota B Blog Indonesia, ya kali aja bisa dapet hadiah gitu haha
    btw, sabar yaaaw apalagi gua yg udah sering banget benerin TA sampe puyeng haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih {{{}}} putri kan jago make up, harus ikutan b blog! :D

      Hapus
  8. salam kenal adek manis :) wah,,udah dai kelas 2 SMA ya nulis nya,,,masih muda memang harus semangat ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((adek manis))) :D hehe makasih mbaaaak

      Hapus
  9. Ikutan bertamu ah...minta disuguhin kopi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih mbak :D *sodorin cappucino

      Hapus