Jumat, 11 Januari 2019

Mendobrak Konsep Cantik Melalui My Id is Gangnam Beauty

viu.com

Salah satu stereotip yang dilekatkan masyarakat terhadap Korea Selatan adalah plastik. Korea Selatan memang dikenal sebagai negara yang penduduknya familiar dengan operasi plastik sebagai salah satu prosedur mempercantik diri dan sudah dapat diterima oleh berbagai kalangan. Sayangnya hal ini masih menjadi perdebatan dengan embel-embel bahwa hasil operasi plastik dianggap melanggar kodrat dan tidak sesuai dengan konsep cantik dari lahir. Padahal seharusnya prosedur operasi plastik yang dilakukan seseorang tidak menjadi perdebatan karena itu adalah pilihan individu yang tidak menyakiti orang lain.

Itulah yang dicoba dilakukan oleh My Id is Gangnam Beauty. Drama yang diadaptasi dari Webtoon ini mengangkat topik mengenai perdebatan masyarakat mengenai cantik natural versus cantik buatan. Kedua istilah ini sebenarnya tidak pantas digunakan karena tentu saja kita tidak memiliki andil terhadap tubuh orang lain, bukan?

tribunnews.com
Drama ini mengisahkan Kang Mi Rae yang tidak memenuhi standar kecantikan masyarakat pada umumnya. Kang Mi Rae yang diperankan oleh Im So Hyang tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri dan hanya memiliki satu teman yaitu Oh Hyun Jung (Dohee). Sejak kecil ia selalu menjadi korban bully bahkan dipermalukan oleh laki-laki yang ia sukai. Ketika akan mulai berkuliah, Kang Mi Rae yang didukung oleh ibunya melakukan operasi plastik untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Namun karena terbiasa direndahkan oleh orang lain, ia masih belum terbiasa untuk menilai dirinya secara positif.

Kang Mi Rae yang selalu menilai wajah orang lain ditakdirkan bertemu dengan Do Kyung Suk (Cha Eun Woo) yang memiliki kepribadian bertolak belakang. Meski bertampang rupawan, Do Kyung Suk  tidak merendahkan penampilan orang lain. Ia tidak membeda-bedakan orang yang operasi maupun yang sudah cantik dari lahir. Baginya penilaian yang dilakukan harus terhadap kepribadian seseorang. Bila teman-temannya tidak peka dan hanya menilai orang dari penampilan, Do Kyung Suk sangat peka dalam menilai kepribadian.

Sejak awal masuk kuliah, Kang Mi Rae telah menjadi pusat perhatian karena ia cantik. Tetapi banyak juga orang-orang yang menjulukinya sebagai Gangnam Beauty, julukan yang disematkan kepada orang yang melakukan operasi plastik. Ditunjang dengan tubuh yang langsing dan tinggi, Kang Mi Rae pun mendapat perhatian banyak lelaki termasuk dari seniornya hingga mengalami pelecehan. Di balik seluruh hambatan itu, hambatan terbesar muncul dari Hyun Soo A (Jo Woori) yang dijuluki sebagai dewi di jurusannya karena cantik alami dan sangat feminin. Perlahan, Hyun Soo A berusaha menghancurkan gambaran positif dalam diri Kang Mi Rae dan mengusik hubungannya dengan Do Kyung Suk.

Saya harus mengakui bahwa Jo Woori melampaui ekspektasi. Ia memerankan Hyun Soo A dengan sangat baik. Ia mampu menampilkan dan meyakinkan pemirsa bahwa ia sangat cantik dan menarik. Tanpa harus berekspresi berlebihan, ia mampu menunjukan rasa marah, benci, jijik, iri, hingga kesal. Kehadirannya mampu mengubah suasana dalam drama dan mengaduk-aduk emosi. Saking bagusnya akting Jo Woori, ia sampai harus menghadapi haters di media sosial yang marah setelah menonton My Id is Gangnam Beauty.

wowkeren.com
Sebaliknya saya agak terganggu dengan peran Do Kyung Suk. Cha Eun Woo terlihat terlalu imut sehingga mengacaukan gambaran saya mengenai Do Kyung Suk yang tampan, cool, dan misterius di Webtoon. Cha Eun Woo juga jelas-jelas terlihat lebih muda dibanding Kang Mi Rae yang terlihat dewasa. Namun nampaknya permisa jatuh cinta dengan ketampanan Cha Eun Woo sehingga popularitasnya meningkat pesat dan kehadirannya diterima. Belakangan dalam wawancara yang ia lakukan, Cha Eun Woo mengakui terbawa perasaan setelah melakoni adegan ciuman dengan Im So Hyang.

centennial.id
Tokoh lain yang mencuri perhatian adalah Yeon Woo Yeong (Kwak Dong Yeon). Sebagai seorang asisten dosen yang juga tengah menjalani program magister, Yeon Woo Yeong terlihat karismatik. Ia cocok dijadikan panutan. Tokohnya digambarkan berbeda dibandingkan dengan di Webtoon yang memiliki image bad boy. Yeon Woo Yeong dan Do Kyung Suk adalah tipe lelaki yang diharapkan semua perempuan. Tidak menghakimi penampilan dan konsisten dalam menyukai seseorang. Kehadiran kedua karakter ini mematahkan pandangan masyarakat bahwa semua lelaki tergila-gila akan fisik yang sempurna.

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari My Id is Gangnam Beauty. Pertama, tubuhmu adalah otoritasmu. Apapun keputusan Kang Mi Rae maupun yang melatarinya, ia berhak melakukan operasi plastik. Meski sikapnya salah dengan selalu menilai wajah seseorang, ia pun berhak memilih bila ingin menjadi lebih cantik melalui prosedur operasi. Tidak ada yang salah bila seseorang ingin mengubah penampilan selama hal itu membuatnya bahagia dan tidak merugikan orang lain.

Kedua, kita tidak bisa menilai orang dari luarnya saja. Orang yang berkata-kata manis belum tentu benar-benar baik dan tulus. Hyun Soo A yang terobsesi menjadi pusat perhatian dan ingin selalu menjadi yang terbaik dalam hubungan sosial nyatanya tidak memiliki hati secantik wajahnya. Ia memanfaatkan kebodohan orang-orang yang hanya menilai dari tampilan fisik saja dan bersikap manipulatif. Ia bersikap pura-pura tidak tahu dan tidak merasa bersalah ketika telah menyakiti hati orang lain. Ia hanya peduli agar tetap dicintai semua orang. Tentu saja ini bukan hal yang realistis. Kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita, pun dalam berteman wajar saja ada kecocokan maupun ketidakcocokan.

Do Kyung Suk yang begitu pengertian dan mau berusaha memahami sikap Kang Mi Rae pun mampu membuat hati pemirsa tersentuh. Ia yang awalnya mengkritik sikap Kang Mi Rae dalam menilai wajah orang lain dan alasannya melakukan operasi plastik akhirnya mau mengerti. Kesalahpahaman yang terjadi di antara mereka akhirnya berakhir. Inilah yang seharusnya dilakukan oleh dua orang yang saling mencintai yaitu menumbuhkan sikap saling mengerti dan menghormati keputusan masing-masing.

Ada beberapa hal pula yang saya rasa tidak sesuai. Penambahan plot yang tidak perlu seperti Oh Hyun Jung yang menyanyi rap dan naksir Yeon Woo Yoeong terasa tidak penting. Kisah cinta dari senior Kang Mi Rae dan Do Kyung Suk justru hanya membuat plot cerita berantakan. Begitu pula dengan adik Do Kyung Suk yang kabur dari rumah hingga menjual baju-baju kakaknya. Ada adegan-adengan yang terasa cringey dan tentunya terasa sinetron sekali sehingga tak mungkin terjadi di dunia nyata tetapi untungnya tidak banyak muncul seperti adegan di kantin.

kapanlagi.com
Pada akhirnya, drama ini pas sekali untuk seseorang yang tengah menumbuhkan rasa percaya diri dan belajar mencintai. My Id is Gangnam Beauty membuat kita percaya bahwa ada seseorang di luar sana yang menunggu dan menyukai kita dengan apa adanya berikut segala kekurangan yang kita miliki. Bahwa apa kata orang tidak mendefinisikan siapa diri kita sesungguhnya melainkan bagaimana cara kita memandang diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah pekerjaan nomor satu yang harus dilakukan sebelum menerima cinta dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar