MPKMB Sebentar Lagi!



visijobs.com
     Untuk anda yang belum tahu, MPKMB singkatan dari Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru. Masa transisi dari seorang anak SMA/MA/SMK memasuki dunia perkuliahan. Masa seseorang benar-benar lepas dari seragam putih abu dan memasuki dunia baru yang lebih membebaninya dengan tanggung jawab. Panitia MPKMB dianggap sebagai kelompok penyambut di gerbang masa peralihan itu. Salah satu panitia itu adalah saya.

     Saya tidak terikat dengan Badan Eksekutif Mahasiswa. Bisa dibilang, saya adalah tenaga bantuan dari luar. Panitia yang direkrut belakangan. Saya tidak punya motivasi macam-macam ketika mendaftar sebagai pantiia selain mengisi waktu libur yang panjang. Biasanya kalau anak sekolah merasakan libur 2 minggu itu kurang, bagi saya liburan dua bulan itu kenyang.
     Saya sudah membayangkan bosannya liburan tanpa melakukan apa pun di rumah. Seperti postingan saya sebelumnya, saya memborong beberapa buku dan alhamdulillah baru beberapa yang selesai. Padahal libur mendekati akhir. Dan akhir liburan saya terkuras oleh persiapan MPKMB.
     Bila di beberapa universitas yang saya tahu, sebuah masa orientasikami sebut MPKMBbisa terjadi tiga kali, maka di Diploma cukup sekali. Kenapa di universitas lain bisa tiga kali? Setahu saya, ada ospek di universitas lain terdiri dari ospek kampus, ospek fakultas, dan ospek jurusan. pasticapekbangetya
     Dalam kepanitian saya masuk divisi bazaar. Awalnya saya tidak tahu kalau bazaar itu ada divisinya :D Waktu bergabung, saya sempat kaget juga. Saya kira "oh sediakan stand untuk partisipan". Ternyata tidak. Pakai MoU segala dengan rapat-rapat dan debat dan kompromi dan....... Banyak. Tapi seru kok. Saya belajar berorganisasi untuk pertama kali dan bergaul intens dengan teman di luar jurusan.
     Kalau tidak salah, calon mahasiswa baru yang akan mengikuti MPKMB mencapai 2600 orang. MPKMB sendiri akan dilaksanakan di lapangan kampus Pascasarjana Baranangsiang yang luas itu. Banyak bintang tamu, banyak acara hiburan, dan banyak hal-hal menarik lainnya. Sponsornya juga kece-kece. Misalnya, salah satu produk minuman pengganti ion, salah satu bank syariah terkemuka, salah satu produk susu untuk remaja. Saya belum tahu apakah boleh menyebutkan nama sponsor di sini, jadi saya sebut saja ciri-cirinya.
     Menjadi panitia memang melelahkan. Saya tidak protes. Toh menjadi panitia adalah pilihan pribadi saya. Yang melelahkan adalah rapat-rapatnya. Saya sering mengantuk. Dan sejujurnya, mendengarkan tiap koordinator memaparkan kemajuan divisinya tidak mampu saya rekam semua dalam ingatan.
     Balik ke MPKMB ya. Ini H-4 dan kegiatan tersebut akan dilaksanakan 30-31 Agustus 2012. Dengar-dengar divisi komisi disiplin akan melakukan briefing pukul tiga pagi. Jadi kira-kira divisi saya pun melaksanakan briefing dengan waktu tak jauh beda. Terbayang saya harus minum kopi dan tidur cepat.
     Saya harus hafal nama direktur dan setiap wakil direktur kampus. Saya juga harus membesarkan hati calon mahasiswa baru yang tidak bisa ikut MPKMB. Dan masih banyak lagi yang harus saya lakukan. Selain membagi waktu dengan usaha saya dan teman-teman menerbitkan buku kumpulan cerpen kami.
     Akhiran liburan kali ini tidak benar-benar membosankan :D
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama