Senin, 01 April 2013

Ini Favorit Gue!


            
resepmasakanindonesia.info
Nih salah satu minuman favorit gue dan keluarga
J Namanya Sinom. Minuman tradisional khas Jawa Timuran yang biasa gue temui di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Warnanya kuning dengan aroma dan rasa yang khas. Terbuat dari asam jawa dan kunyit.

            Biasanya Sinom dijual dalam botol-botol tinggi seperti botol air mineral. Dijual di toko oleh-oleh misalnya Toko Tanjung Sidoarjo. Sejak gue masih kecil, keluarga ga pernah beli oleh-oleh di tempat lain kecuali Toko Tanjung. Selain populer, pilihan oleh-oleh yang disediakan juga lengkap. Setiap gue ke Toko Tanjung, gue sering melihat pembeli yang memborong oleh-oleh dalam partai besar bahkan berkardus-kardus. Toko Tanjung punya desain kardus sendiri dan cara membungkusnya pun rapi, tidak menggunakan tali rafia.
           
tiarfriska.blogspot.com
Selain Sinom, keluarga gue acap kali membeli kerupuk udang, petis, dan berbagai olahan laut lainnya. Ga heran, soalnya Sidoarjo sendiri letaknya dekat dengan laut sehingga variasi makanan lautnya beragam. Bukan cuma kerupuk atau makanan kering saja, lho. Sidoarjo juga punya masakan laut yang ga kalah lezatnya yaitu Kupang.
            Kupang ini makanan berkuah yang jarang gue temuin di Sidoarjo. Gue baru satu kali menikmati, itu pun di dekat Bandara Juanda. Postingan ini sebagai bentuk rasa kangen gue pada semangkuk Kupang. Gue belum pernah liat penjualn Kupang di luar Surabaya atau Sidoarjo. Bahkan waktu gue sempat tinggal di Kediri pun gue ga liat. Mungkin karena Kediri bukan daerah pinggir laut kali ya. Ingatan gue soal letak geografis agak jelek nih K
           
mobypicture.com
Ngomong-ngomong soal Kediri, ada dua hal yang amat sangat gue rindukan sekali pake banget. Apa itu? Yap! Cemoe dan Jenang Grendul. Kalo Jenang Grendul mungkin gue bisa bikin sendiri, tapi kalo Cemoe? Ya Saalam di Kediri pun jarang ada yang jual dan kadang waktu gue samperin yang dagang suka tutup. Itu juga tempatnya jauh dari rumah gue dulu. Cemoe itu mirip Ronde dan Sekoteng tapi ga sepopuler kedua minuman tradisional itu.
           
ulekan.multiply.com
Jenang Grendul itu sebenarnya macam-macam bubur yang dijadikan satu seperti sumsum, kacang ijo, ketan item, biji salak, dll. Dulu waktu gue sekolah di Kediri, seingat gue ada yang jual Jenang Grendul. Kadang pulang sekolah gue beli buat makan di rumah. Rasanya nikmaaaat! Iri deh, beberapa hari yang lalu keluarga gue sempat mudik kecuali gue. Soalnya gue ada jadwal kuliah. Nyatanya gue malah ga masuk kuliah karena sakit hahaha dan itu miris
L Tapi lumayan deh, keluarga gue bawa oleh-oleh Sinom J

6 komentar:

  1. ayo Lin, ke gresik.. aku traktir semuanya.. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gresik ada kupang ya miss? aaah mauk deh hehe tp jadwal kuliah kurang bersahabat

      Hapus
  2. uwoohh nampak seger bgt sinom ituu..musti cari temen yg dsana kyknya biar bsa nitipp...

    BalasHapus
  3. wua semuanya menggoda >_<
    btw kalo yang terakhir Jenang Grendul itu di tempatku kalteng dan kalsel juga banyak, disini namanya bubur apa gitu aku juga lupa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe apa tampilannya juga sama? coba mau liat :3

      Hapus