Kamis, 03 Juli 2014

Running Man, Bukan Variety Show Biasa

wallpapermine.com
Sekitar dua-tiga minggu terakhir saya rajin nonton variety show asal Korea yang booming banget di negara asalnya juga di negara kita, Running Man. Bahkan syuting episode ke-200nya dilakukan di Indonesia. Sebetulnya sih saya sudah mendengar acara televisi ini sejak tahun lalu. Tapi karena belum ada yang meracuni (oke, si pemberi racun pasti seneng banget baca blog saya sekarang) akhirnya baru sekarang deh ketagihan. Lho, bukannya di Indonesia juga banyak variety show? Iya, banyak, tapi yang seperti Running Man memang belum ada. Ini semacam Mission X di Trans TV tapi lebiiiiiih kreatif lagi dan niat abis.


zilpasilas.com
24-7kpop.com
Tokoh tetap dalam Running Man adalah artis Korea mulai dari penyanyi, pembawa acara, sampai pemain film. Mereka adalah Lee Kwang Soo, Song Ji Hyo, Yoo Jae Suk, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Kang Gary, dan Haha. Untuk ukuran lelaki, Lee Kwang Soo memiliki tinggi di atas rata-rata sehingga ia dijuluki Giraffe (jerapah). Song Ji Hyo sendiri adalah satu-satunya tokoh perempuan dan salah satu yang terkuat dalam setiap misi atau games di Running Man. Kang Gary merupakan musisi kenamaan sekaligus rapper paling berpengaruh di Korea. Tokoh lainnya juga memiliki pesona sendiri seperti Yoo Jae Suk yang selalu sukses acara televisinya, Kim Jong Kook yang berjaya di tahun 90-an, Haha yang komedian, dan Ji Suk Jin sebagai salah satu rekan Yoo Jae Suk.

Nah, seperti apa sih Running Man ini? Tiap episodenya menyajikan beragam games unik dan kreatif. Namun menurut saya yang menjadi daya tarik utama adalah games hide and seek, yaitu permainan untuk bersembunyi dan mencari lawan. Biasanya ada dua kubu yang bertarung. Kadang pula, seluruh tokoh dalam Running Man saling bertarung untuk melepas name tag tokoh lainnya. Pada beberapa episode, mereka mengerjai bintang tamu agar ia kalah sendirian.

Tidak hanya beragam jenis games dalam Running Man, ada beberapa poin plus lain dalam variety show ini:

1.     Mempromosikan negara

Contohnya ketika dalam salah satu episode Running Man di stadion sepak bola di Korea. Tidak melulu mengambil gambar para tokoh sekaligus merekam saat games berlangsung, profil stadion itu sendiri juga dimunculkan. Menurut saya inilah yang belum atau jarang dilakukan variety show di Indonesia. Lokasi yang digunakan syuting jarang ikut dipromosikan.

Pada episode ke-200 Running Man yang dilakukan di Gelora Bung Karno dan Taman Safari, kedua lokasi pun turut dipromosikan. Angle pengambilan gambar dengan teknik bird eye view saya acungi jempol. Gambar diambil dari atas, menampakkan luasnya area Taman Safari. Selain mengambil gambar tiap tokoh, para penata kamera Running Man pun ikut mengambil gimmick berupa pengambilan gambar hewan-hewan di Taman Safari. Ada pula info yang diberikan seperti jumlah spesies dan jenis spesies yang menghuni Taman Safari.

leonhart90.blogspot.com
2.     Editing yang keren

Kenapa editing-nya keren? Yah mungkin ini ciri khas acara dari Negeri Ginseng sana. Editing-nya tidak sekedar memotong dan menyatukan gambar. Ada pula tulisan-tulisan sehingga Running Man terasa seperti komik. Tahukah Anda, tiap tokoh dalam Running Man memiliki soundtrack-nya masing-masing. Semisal jika Kim Jong Kook yang muncul dalam games hide and seek, akan muncul soundtrack yang meneriakkan “Spartaa!” Lain halnya dengan tokoh Lee Kwang Soo yang kerap digambarkan memiliki nasib ngenes. Soundtrack-nya pun tak kalah ngenes.

3.     Karakter para tokoh

Tiap tokoh memiliki karakter masing-masing. Tiap karakter saling melengkapi dan membuat episode Running Man menjadi unik karena kelakukan para tokohnya. Mereka juga bersikap menyenangkan pada para bintang tamu. Jika ngefans dengan bintang tamu, mereka mengatakannya secara blak-blakan. Jarang kan lihat sesama artis saling mengagumi?

Oh ya bagaimana caranya menikmati tayangan Running Man? Bisa dengan mengunduhnya. Mudah kok. Googling saja. Sampai saat ini belum ada subtitle dalam Bahasa Indonesia. Saya menonton dengan subtitle Bahasa Inggris. Sedikit-sedikit buka Google Translate. Itu tidak mengurangi keasyikan dalam menonton kok.


4 komentar:

  1. berkunjung kemari sambil menyimak, selamat menunaikan ibadah puasa, salam. ditunggu kunjungan baliknya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. makasih kunjungannya mbak

      kok ga bisa saya kunjungi balik ya?

      Hapus