Selasa, 15 Juli 2014

Daster Sulam, Pilihan Oleh-oleh Baru di Malang


Siapa yang belum pernah ke Malang? Kota Pendidikan sekaligus Kota Wisata berhawa sejuk di Provinsi Jawa Timur ini menjadi tempat saya berkunjung sejenak tempo hari. Itu kunjungan pertama saya. Padahal Malang ini dekat dengan kampung halaman si mbah. Saya sempat bertanya dengan seorang teman blogger apa sih kira-kira yang menarik di Malang. Katanya, wisata kuliner. Hmm, sayang sedang bulan puasa, ditahan dulu deh keinginan icip-icipnya. Kemudian mama memberi saran.

"Kenapa ga beli daster aja?"

Kok daster? Daster batik? Kan di rumah juga banyak daster....

Eh, ternyata bukan daster batik lho, tapi daster sulam! Nah, baru dengar kan? Saya sih iya. Ternyata mama tahu soal daster sulam itu setelah dapat kiriman dari temannya. Dasternya bagus, warna-warni gitu, dan sumpah bikin saya naksir! Kalau daster batik rata-rata kan modelnya kurang cocok dengan yang seusia saya. Daster sulam ini pas. Motif dan padu padan warnanya memang cenderung berani. Biar ada buktinya, nih saya kasih foto-fotonya yah.










Naaah ada dua jenis kain sebagai bahan dasar daster yaitu katun dan shantung. Motifnya didominasi polkadot atau bunga-bunga. Ada daster tangan panjang, tangan pendek, tanpa lengan, hingga model kelalawar. Selain daster ada pula baby doll berupa atasan dan celana panjang. Harganya bervariasi mulai dari 85 ribu hingga 94 ribu rupiah. Tapi ukuran XL memiliki harga sendiri. Tersedia juga kok motif dan model lebih kalem untuk lansia. Mau sepatu sulam juga ada. 








Sulit mencari ukuran karena Anda memiliki tinggi atau berat badan di atas rata-rata perempuan Indonesia? Bisa pesan kok. Daster yang Anda beli kepanjangan? Bisa minta potong juga selama Anda datang di hari kerja. Karena tempat produksi daster sulam ini berada di balik showroom. Showroom maupun tempat produksinya menyatu dengan bangunan pemilik usaha ini. Dia adalah Bu Ambar, generasi kedua yang menjalankan usaha daster sulam dengan nama dagang Trisna Collection. Sehari-hari Bu Ambar dibantu tiga orang pekerja. Di hari libur atau akhir pekan, Bu Ambar dibantu seorang pegawai yang melayani para pembeli.

Tertarik untuk mampir? Trisna Collection ada di Jalan Candi Jago nomor 35, sebelah kiri tepat di ujung jalan. Memang sih nampak dari luar tidak seperti toko atau butik pada umumnya karena berada di deretan rumah warga di sebuah jalan kecil. Tanya saja pada warga sekitar. Sebagai patokan, tempat ini dekat dengan Sekolah Luar Biasa, Sekolah Marsudi Siwi, dan sebuah biara. 

Sudah tahu kan, ke Malang bisa beli oleh-oleh apa? :)

20 komentar:

  1. Uwaaaaa....jd kangen malang.cantik2 kolelsinya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mbaknya orang malang ya? :D

      Hapus
  2. Bagus ya mbak, saya belum liat ada daster kaya gini di Cimahi, biasanya ya daster batik atau katun gitu tanpa sulaman cantik kaya di Malang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kalo ke malang beli ini aja mbak, bahannya juga awet *lho kok saya promosi* hehehe

      Hapus
  3. Wahhh cantik-cantik sayang waktu ke malang ngak kepikiran beli ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kapan2 ke malang beli aja mbak

      Hapus
  4. cantik-cantik ya dasternya, motifnya unik. biasanya paling daster batik sama jumsuit
    salam kenal kak dari toko grosir daster jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak

      salam kenal juga :)

      Hapus
  5. bisa beli online ga ya, ada webnya atau instagramnya?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum nemu toko online/web/instagram. saya ga yakin mereka punya karena pemilik toko ini seorang nenek.

      Hapus
  6. Hallo Linda, salam kenal... Aku asli Malang nih, tapi belum pernah beli daster sulam ini, hehe... Kapan2 ke Malang lagi ya, betul Malang itu tempat asik buat wisata kuliner :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah hehe nunggu waktu luang sama uangnya dl

      Hapus
  7. Halo mbak Linda … salam kenal… saya bpk Budi/ibu Ambar pemilik Trisna Collection terima kasih atas tulisannya

    BalasHapus
  8. motif unik...sukses sist..
    salam http://purimuslim.com

    BalasHapus
  9. Mb maaf mau tanya ini alamatnya di mana ya ?

    BalasHapus
  10. Mb maaf mau tanya ini alamatnya di mana ya ?

    BalasHapus