Produk dari Pixy (foto pribadi) |
Sejak 10 tahun terakhir bisa dibilang industri kosmetik dalam negeri mengalami peningkatan pesat. Kita makin banyak memiliki produk kosmetik lokal yang tak hanya terjangkau dari segi harga--bahkan mahal--dan berkualitas sangat baik. Bila dulu orangtua kita masih kesulitan menggunakan makeup dalam negeri dan harus membeli produk impor, tidak demikian dengan saat ini. Produk-produk dalam negeri tak hanya dipoles sedemikian rupa dengan formula yang baik tetapi juga branding yang menarik.
Langkah serupa dilakukan oleh Pixy. Pixy baru saja meluncurkan kampanye terbaru rebranding produknya bernama Pixy ColoReinvention. Dengan tagline New Shades, New Look, dan New You kini Pixy bertransformasi dengan varian baru juga packaging baru. Bila dulu packagingnya terlihat "murah" meski kualitasnya bagus maka hasil rebranding ini menghasilkan packaging yang mewah. Pixy tampil lebih elegan dengan beberapa warna dasar.
New Shades, New Look, New You (foto pribadi) |
Kedua adalah Pixy UV Whitening. Disebut UV Whitening karena produknya sendiri mengandung SPF yang cukup untuk penggunaan sehari-hari yaitu SPF 30. Packagingnya memiliki warna dasar pink dan hitam. Berkebalikan dengan Make It Glow yang mengilap, Pixy UV Whitening memilih packaging yang doff. Doff adalah kebalikan dari glossy. Bila kita menggunakan makeup sebagai perumpamaan, maka packaging doff adalah packaging dengan hasil akhir matte. Tak kalah dengan Make It Glow, varian dari Pixy UV Whitening juga terlihat mewah dan elegan. Sederhana tapi sangat cantik. Pink yang digunakan sangat pucat tapi warna itu justru jauh dari kesan norak.
Terakhir adalah produk dekoratif Pixy yang memang paling terkenal terutama lipstiknya. Pixy Matte in Love adalah salah satu produk yang paling fenomenal karena formulanya yang bagus dan pilihan warnanya yang sangat cocok dengan skintone orang Indonesia. Banyak yang jatuh cinta dengan produk lipstik berbentuk tube sederhana ini. Saya memiliki dua warna dari Pixy Matte in Love ini. Warna favorit saya adalah Merry Orange. Meski warna dasarnya oranye, warnanya sangat lembut dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Ini adalah lipstik on the go yang hampir selalu saya bawa ke mana-mana. Tidak bikin kering, tahan lama meski dipakai makan lebih dari sekali, juga tidak mudah meleleh.
Foto pribadi |
Kedua produk di atas sangat membuat saya terkesan. Pertama adalah lip creamnya. Tak hanya ringan di bibir, tetapi juga tidak membuat bibir kering. Selain itu warna Uptown Peach sangat cantik. Awalnya saya khawatir warna ini tidak akan cocok dengan warna kulit orang Indonesia. Warna terlalu cerah seperti ini umumnya terlihat "mati" di kulit saya. Tetapi baik dipakai di kehidupan nyata maupun saya abadikan dalam bentuk foto ternyata hasilnya sama bagus. Saya juga khawatir warna Choco akan terlalu gelap. Nyatanya selain kalem, warna ini juga nampak hidup di bibir. Teman saya yang warnanya tiga tingkat lebih gelap mencobanya dan ternyata tetap bagus di dia. Good job Pixy!
Sayangnya, kekurangan dari warna-warna terang adalah pigmentasinya yang lebih rendah dibanding warna gelap. Ini sudah semacam hukum alam. Begitu pula antara warna Uptown Peach dengan warna Choco. Saya sudah mencoba untuk menggunakan concealer yang juga dikeluarkan oleh Pixy. Namun sayang itu tidak cukup membantu meningkatkan pigmentasi Uptown Peach di bibir saya. Tapi saya sudah puas dengan warna yang cantik dan formulanya yang bagus ini. Ada sedikit aroma wangi pada produk tetapi tidak akan mengganggu kita dan takkan tercium setelah produk mengering di bibir.
Foto pribadi |
Saya juga jatuh cinta pada Pixy Twin Blush. Produk yang juga bisa diaplikasikan di bibir ini berbentuk cream. Sehingga kita tak perlu khawatir produk akan fall out bila permukaannya bergesekan dengan brush. Warna yang saya pilih adalah Pop Teracotta. Pigmentasinya bisa disesuaikan karena bisa dibangun sesuai dengan banyaknya sapuan brush. Kita bisa mendapatkan look natural sampai bold sekalipun dengan blush on ini.
Packaging dari produk-produk ini sendiri didominasi warna hitam. Meski packaging yang lama juga memiliki warna hitam, hasil dari rebranding ini menjadikan packaging Pixy terlihat lebih lux. Packagingnya yang mewah berbanding terbalik dengan harganya yang murah. Ukurannya juga cukup masuk pouch makeup mungil kita dan memungkinkan dibawa untuk travelling. Packagingnya juga ringan. Sesuai untuk kita yang rajin touch up ketika bepergian. Blush on-nya juga dapat diaplikasikan menggunakan tangan dengan baik, tak perlu pakai brush atau spon.
Foto pribadi |
Foto pribadi |