Jumat, 24 Agustus 2012

Mau Ganti Template Jadi Kayak Majalah?

milik pribadi
"Gimana sih cara ganti template blog?"
"Buka aja dashboard."
"Waduh, gue ga ngerti begituan."
Gara-gara teman mengeluh tentang mengganti tampilan blognya, saya jadi kepikiran bikin tutorial sederhana. Tutorial ini berupa prinstcreen dan semoga bisa diikuti semua orang. Oh ya, tutorial ini buat template yang sudah disediakan blogspot ya. Beberapa teman bilang, template yang sempat saya pakai ini bagus. Saya terinspirasi memakai tenplate ini setelah membuka halojepang.blogspot.com.

Template ini namanya "magazine". Kalau diperhatikan sekilas, memang mirip majalah. Seakan postingan terbaru yang bertenger di bagian atas terlihat seperti headline. Dan untuk membaca sebuah postingan secara lengkap, kita perlu mengklik salah satu judul tulisan. Maka akan muncul jendela yang menampilkan postingan tersebut. Template ini sederhana, tidak menyediakan banyak widget kecuali beberapa widget bawaan yang terletak di bagian kanan.



Langkah pertama, silakan login.

Lihat? Saya mengklik kursos di bagian template.

Nanti bagian dalamnya ada banyak pilihan template. Nah pilih yang seperti tanda panah. Ada ikon kaca pembesar. Klik ikon tersebut.
Ini yang muncul. Ada tulisan "magazine" dan ketika kamu menggerakkan kursos, kamu bisa melihat. Ada satu postingan terbaru terpampang di bagian atas. Di baris kedua ada empat postingan. Postingan-postingan selanjutnya disusun menurun.
Klik terapkan ke blog. ini berlaku juga kalo kamu cek-cek template lain dan mau kamu pakai. Cukup klik ini.
Klik lihat blog kalo kamu sudah penasaran bagaimana tampilan blog kamu sekarang.
Lihat kan? Mirip majalah. Cocok dengan namanya.
Kalo kamu klik sesuai tanda panah, kamu akan menemukan widget-widget. Tapi tata letaknya ga bisa diubah. Kamu juga ga punya kolom untuk menambah widget tambahan.
Coba klik swalah satu judul postingan. Postingan akan muncul dalam bentuk jendela.
Klik sesuaikan supaya templat ga terkesan monoton.
Klik tingkat lanjut.
Di sini kamu bebas mau ganti warna halaman, warna huruf, bentuk huruf, biar blog makin kelihatan gue banget dan keren! Waktu saya pakai template ini, saya memutuskan gradasi warna merah pink coklat huehehhehe. Girly kesannya.


Karena teman saya kayaknya bakal langsung ganti template setelah lihat tutorial ini, saya juga ikutan ganti :D Template yang ini ga kalah cewek banget dengan template-template saya sebelumnya. Dapet gratisan, emang dari sononya pilihan warnanya begitu. Pake kode html, tinggal copas aja. Tapi kadang ngopas kode HTML pun bisa jadi ribet. Banyak kok template-template lucu di luar sana. Tinggal kita aja bebas milih ^_^

3 komentar:

  1. pantesan pangling :p soalnya dlu beda... maklom ud lama ga visit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lebih di kembangkan lagi gan tutorial2nya.. ane tunggu yg lain ya :)

      Hapus
    2. hehe ini mudah kok bisa googling atau coba sendiri malah

      Hapus