Sabtu, 01 September 2012

Sedikit Cerita tentang MPKMB 49

MPKMB 49 Program Diploma IPB




            Tanggal 30 dan 31 Agustus 2012 menjadi waktu yang tak terlupakan bagi mahasiswa mahasiswi program Diploma IPB angkatan 49. Sekitar 2500 mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia mengikuti kegiatan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru. Sebuah kegiatan yang bisa dikenal sebagai masa orientasi.
           Kegiatan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru―selanjutnya disebut MPKMB―dimulai pelaksanaannya di lapangan Kampus Pascasarjana Baranangsiang. Gelombang kedatangan para mahasiswa telah dimulai sejak pukul 3.30 pagi. Para mahasiswa baru yang terdiri dari 18 program keahlian berbaris secara berkelompok bersama panitia divisi penanggung jawab program keahlian (pjpk). Kemudian seluruh peserta MPKMB berjalan menuju IPB International Covention Center (IICC) yang menyatu dengan lokasi Mall Botani Square. Ruangan berkapasitas 3000 orang ini menjadi tempat digelarnya acara hingga menjelang sore.

            Rangakain acara yang diikuti para peserta MPKM cukup padat. Meliput sambutan rektor, video perkenalan kampus, dan bintang tamu seorang motivator. Tak lupa terdapat acara hiburan dari lembaga kemahasiswaan seperti D'Voice, Genus, dan Teater Jendela. Para peserta baru meninggalkan IICC sekitar pukul tiga sore dan langsung kembali ke lapangan Kampus Pascasarjana Baranangsiang.


menuju IICC




stand-stand di area bazaar
            Setelah istirahat sejenak, para peserta MPKMB bersiap masuk ke area bazaar. Area bazaar terdiri dari 18 stand yang diisi 16 perwakilan dari lembaga kemahasiswaan di lingkungan Diploma IPB. Ada Genus, D'Voice, Obscura, Angsana, FR, FMK, FKMK, DPM, BEM, Micro, Mapagi, Akmapesa, Likista, Max!!, Gamaperta, dan Agrimovie. Keenam lembaga kemahasiswaan tersebut bergerak di bidang musik, tari, fotografi, film, pecinta alam, agama, dan minat profesi.
mahasiswa mahasiswi program keahlian Komunikasi
            Sebagain besar mahasiswa baru mengaku terkesan dengan kegiatan kunjungan ke area bazaar. Mereka dapat memilih lembaga kemahasiswaan untuk mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Selama kunjungan ke area bazaar, mahasiswa baru mendapatkan selembar kertas yang berisi kolom untuk meminta tanda tangan pengisi stand. Tujuannya, tanda tangan tersebut akan menunjukkan apa yang paling diminati para mahasiswa baru.
            Acara hari pertama berlangsung cukup lancar. Meskipun terdapat keterlambatan dari para pengisi acara yang menyebabkan jadwal sedikit kacau. Selain itu, distribusi makanan dan jam ibadah para mahasiswa baru bentrok dengan waktu jadwal kunjungan ke area bazaar akibat keterbatasan waktu.
sampah yang berserakan
            Hari kedua, lapangan Kampus Pascasarjana Baranangsiang terlihat sangat kotor. Panitia divisi bazaar beserta petugas kebersihan berusaha menyingkirkan sampah-sampah yang menumpuk. Namun kendala lain menghampiri. Hujan deras mengguyur tepat ketika para mahasiswa abru tengah menampilkan yel-yel program keahlian mereka. Terpaksa, panitia memobilisasi para mahasiswa baru ke dalam ruangan-ruangan kelas di sekitar lapangan.
            Berikut ini beberapa hasil dokumentasi lainnya kegiatan MPKMB.

sampah di lapangan kampus
barisan mahasiswa baru
sampah lagi
para panitia divisi bazaar
panitia divisi komisi disiplin menindak mahasiswa baru yang melanggar tata tertib
panitia dari divisi dokumentasi dan bazaar
bang novi, panitia dari divisi komisi disiplin
kami, panitia divisi bazaar (afida, maul, rani, linda, mbe)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar