Kamis, 18 Juli 2013

My Twenty Bucket List

giveaway
Menurut emotionel flutter (penyelenggara giveaway yang gue ikuti), bucket list adalah target yang ingin kita capai dalam hidup. Maka dalam postingan ini, gue akan menjelaskan apa saja target gue plus alasannya. Jumlahnya dua puluh butir. Mau tauuuu? Mau tauuuu? Cekidot!

1. Pengen jadi wartawan media cetak
Gue pengen menghasilkan uang dari pekerjaan yang gue sukai. Mungkin orang bakal berpikir, “kerja di media itu capek broooh!” Ah ya bodo amat. Semua pekerjaan itu capek. Cuma ada yang lebih capek dan ga terlalu capek. Nyuci piring aja capek. Kalo piringnya ada seratus dan berminyak semua. Masalahnya sih karena gue menganggap betapa menyenangkannya menulis.


Sejak kecil, gue ditulari virus membaca oleh keluarga. Bacaan gue yang berbau anak-anak cuma satu, Majalah Bobo. Sisanya kayak Kompas, Gatra, Femina, Kartini, Nova, dll. Nah, apa yang dibaca orang rumah ikut gue baca juga. Dan gue terpesona dengan tulisan-tulisan di dalamnya. Terutama in depth report. Pas kuliah, gue masuk perpustakaan dan menemukan National Geographic. Gue pun mau jadi reporternya, meskipun yang media elektronik. Gue mau terlibat dalam acara keren semisal Cities of The Underworld atau Don’t Tell My Mom. Gue bakal bahagia sekali. Pokoknya yang bertema sejarah atau budaya, deh! Rasanya kalo nonton itu, adrenalin gue berpacu.

2. Pengen punya perpustakaan pribadi

Intinya gue mau beli banyak buku. Dan buku ini wujudnya bukan e-book. Tapi buku yang bisa dipegang lembarannya. Gue pengen memuaskan diri. Selain itu, gue punya kebutuhan memperluar referensi. Gue harus dapat asupan berbagai buku bacaan dong kan gue suka nulis. Biar kosa kata nambah, ilmu nambah, topik yang gue angkat juga nambah, gaya penulisan gue makin kuat, dll. Gue pikir-pikir sebaiknya gue ga bebas meminjamkan buku ke orang. Abis, kadang ada orang yang ga bisa menghargai buku dan ga mau mengembalikan apa yang dia pinjam. Padahal yang punya bukan dia K Kecuali gue sumbangkan tentunya.

3. Keliling Indonesia

Dengan cara backpakeran. Selain karena rasa penasaran, gue rasa itu akan lebih bisa dinikmati. Soalnya selama ini gue bepergian jauh selalu sama keluarga dan rasanya ya gitu-gitu aja. Kalo nyari makan harus atas persetujuan semua pemilik perut. Terus agenda perjalanannya paling silaturahmi sama kerabat, makan, dan beli oleh-oleh. Itu garing. Gue pengen wisata ke alam bebas. Misal ke taman nasional kek, gunung mana kek. Orang tua gue kurang suka masalahnya. Kata mama, ngapain liat pohon doang. Terus mengunjungi situs sejarah. Mempelajari kebudayaan daerah setempat. Astagaaaa pengen :’)

4. Lanjutin pendidikan ke S1

Tahun depan kan gue Insya Allah lulus D3. Gue mau lanjut ke S1 Komunikasi. Sekarang sulit cari PTN yang buka ekstensi. Gue punya keinginan buat melanjutkan pendidikan di Universitas Brwaijaya. Dari pas lulus SMA pun gue pengen ke sana. Sederhana. Biaya hidup di Jawa sana lebih murah dari pada di Jabodetabek. Makananya gue suka. Apalagi kesederhanaannya. Dan gue kangen karena dulu pernah tinggal di tetannganya Malang. Kediri J

5. Wirausaha

Gue pengen berdagang. Rasul aja berdagang, ya kan? Gue pernah mengumpulkan uang dari jual kue di kampus. Hasilnya kecil tapi gue senang. Naaah gue pengen kalo ada waktu, peralatan di dapur mendukung, juga kemampuan plus modal, gue berdagang makanan. Buatan gue sendiri. Dulu kan gue cuma menjual bikinan orang. Gue tertarik lho sama dunia kue. Menurut gue, makanan itu kebutuhan pokok manusia. Jadi peluang lakunya itu besar. Tinggal kita sesuaikan sama pasarnya plus kreativitas kita aja. Walaupun gue buta sama dapur. Hehe.

6. Tinggal sendiri

Gue masih tinggal dan dibiayai orang tua. Wajar, umur gue belum 20 tahun kok. Hampir sih J Gue pengen mandiri. Gue pengen merasakan gimana rasanya kalo segala hal harus menjadi keputusan dan tanggung jawab gue. Sekalian gue mau belajar mengelola keuangan. Soalnya kemampuan gue menabung berkurang.

7. Blog ini punya 400 follower

Itu berarti apa yang gue tulis di blog berguna dan dibaca banyak orang. Sekarang pun sudah ada manfaatnya bagi masing-masing orang, tergantung apa yang pembaca dapatkan. Tapi dengan jumlah follower 400, gue rasa itu jumlah yang super. Apalagi gue ini kadang rajin BW kadang ga.

8. Makan pizza ala turki

Soalnya dimasak pake tunggki dan panjangnya sekitar satu meter. Pipih dan memanjang. Gue suka roti bakar apalagi yang gosong. Nah pizza ala turki ini kan dibakar dan ada noda gosongnya. Gue membayangkan betapa enak rasanya.

9. Jadi poliglot

Karena menurut gue dengan menguasai berbagai macam bahasa, gue bisa mendapat banyak hal positif. Gue akan lebih baik dalam memahami perbedaan budaya. Gue akan dapat mempelajari dengan lebih baik suatu budaya. Ketika gue bepergian, gue ga ada masalah dengan perbedaan bahasa. Siapa tau guejadi translator di PBB.

10. Beasiswa ke luar negeri

Sayangnya kemampuan berbahasa asing gue belum cukup bagus. Gue juga belum cukup pintar. Harus ada alasan kenapa gue pantas mendapatkan beasiswa. Kalo dapet beasiswa, pasti orang tua bangga. Dan lebih hemat biaya.

11. Nonton konser musik

Gue belum pernah datang ke konser musik mana pun kecuali pentas seni sekolah. Gue pengen liat artis dari dekat terus gue potret. Lagi suka dengerin lagu-lagunya The Script sama Yuna Zarai, semoga bisa nonton konser mereka (yang gratis).

12. Punya toko sendiri

Di sana gue jual tas, sepatu, baju, maupun aksesori yang gue produksi dan desain sendiri. Orang mungkin ga nyangka gue suka hal semacam ini. Karena penampilan keseharian gue sangat sederhana bin apa adanya. Gue ga keliatan melek fashion. Pedulit amat, hahahaha. Gue pengen toko itu punya ciri khas rada bohemian. Gue suka sesuatu yang gue ciptakan sendiri, itu intinya.

13. Punya rumah yang halamannya luas

Ada kebunnya. Gue bisa melihara kelinci. Pohonnya banyak. ada area khusus bebek, ayam, angsa. Telurnya bisa gue jual. Dagingnya dikonsumsi sendiri. Tanaman bunganya ga usah terlalu banyak. Soalnya kalo layu nanti gue sedih pengen bunganya tumbuh cepet-cepet. Cukup tanaman berdaun aja. Gue terutama pengen ada pohon angsana di rumah. Terus gue bisa bikin kolam ikan atau kolam renang sekalian. Dalam kepercayaan gue, perempuan dilarang masuk ke kolam renang umum. Jadi gue harus punya kolam sendiri. Lagian selama ini gue malu berenang di kolam umum. Masalah pernafasan ini bikin gue harus berenang dengan selang. Gue kayak lagi di laut.

14. Punya peternakan

Nyambung sama poin 13 ya? Soalnya daging di pasar serem. Ada ayam tiren lah, ayam formalin lah, sapi gelonggongan lah. Yang paling aman ya gue peliharan sendiri. Karena itu gue harus punya peternakan. Jadi gizi tercukupi dan bisa makan sehat tiap saat.

15. Punya perkebunan

Mirip sama poin 14. Gue ga mendewakan sayur dan buah organik tapi banyak pula sayur dan buah di pasaran yang diberi formalin. Kalo pun bebas dari zat berbahaya, gue harus beli di toko buah mahal. Buang-buang uang. Kalo gue tanam sendiri, gue bebas makan buah dan sayur kapan pun gue mau tanpa harus khawatir sama zat berbahaya. Dan ga perlu ke pasar. Macet soalnya.

16. Punya keluarga

Ini harapan umum banget. Semua orang pengen punya keluarga, umumnya. Gue pengen punya suami yang mendukung kegiatan gue dalam bekarya. Terus punya anak yang gue awasi dengan baik. Kalo perlu home schooling aja biar gue ajarin sendiri. Pas punya anak, kecil kemungkinan gue kerja di media. Toh fokus gue terpecah. Gue kerja di rumah aja. Jadi kolumnis, misalnya.

17. Tinggal di pedesaan

Sederhana. Gue ga suka macet. Udara panas atau dingin masih bisa ditoleransi. Tapi macet, hiruk-pikuk, itu bikin pusing. Gue kurang suka keramaian. Rasanya ga nyaman.

18. Nulis buku

Gue orang yang sulit konsisten dalam menulis panjang. Karena gue pembosan. Nulis novel itu tantangan berat. Gue mau nulis buku kumpulan cerpen aja. Tapi gue masih belajar nulis dulu. Masih terus berlatih. Dan gue senang kok nulis cerpen di blog. Ngumpulin penggemar tulisan gue dulu *pede banget* hahaha!

19. Keliling dunia buat motret

Iya, jadi acara jalan-jalan gue itu sebetulnya alibi untuk mengasah kemampuan fotografi gue. Gue udah belajar fotografi. Tapi masih dikit. Pratice make perfect J Terus fotonya gue kumpulkan, jadi semacam galeri. Di rumah gue.

20. Naik haji


Sebagai penyempurna ibadah. Yaitu Rukun Islam gue. 


4 komentar:

  1. aamiin...
    semoga terkabul semuanya ^_^

    BalasHapus
  2. Postingannya udah gua baca. Semoga selalu semangat berjuang mewujudkan impian2 di atas yaaa ^^
    Thanks udah ikutan giveaway Emotional Flutter

    BalasHapus