Ristra Med Soap Review

sumber: website Ristra

Halo! Kali ini saya ingin mereview sabun wajah favorit saya yaitu Ristra Med Soap. Rasa penasaran saya berasal dari postingan seorang blogger yang mengaku cocok dengan seluruh rangkaian produk perawatan wajah dari Ristra. Akhirnya saya memutuskan mencari dan mencobanya. Ini adalah produk lokal yang bisa kita temukan di toko-toko kosmetik maupun toko online. Memang produknya belum sepopuler brand lain seperti Wardah ataupun Emina sehingga agak sulit ditemukan. Saya sendiri tidak menemukannya di minimarket ataupun supermarket.



Pertama kita bahas harganya dulu. Untuk harga di bawah 50 ribu, bagi saya harganya sudah cukup terjangkau. Ristra Med Soap ini tergolong produk drugstore. Kita bisa membandingkannya dengan sabun wajah dari Wardah, Emina, Garnier, Ponds, Clean & Clear, Citra, dan lain-lain yang harganya tidak jauh berbeda. Produk-produk yang saya sebutkan di atas sudah saya coba ya. Sampai yang harganya agak membuat sesak seperti Cetaphil pun sudah saya coba. Sayangnya, produk-produk tersebut tidak cocok di wajah.

Kebanyakan produk tersebut malah membuat kulit saya kering. Bruntusan juga tetap bertahan atau malah bertambah. Kulit tidak terasa halus dan malah cenderung kusam. Masa-masa remaja membuat saya putus asa dan membiarkan wajah begitu saja karena kesulitan mencari produk yang cocok. Saya sempat menyukai Clean & Clear. Namun setelah beberapa kali repurchase, nyatanya kulit kembali menjadi kering. Karena tidak ada perbedaan dari rutinitas maka satu-satunya produk yang saya hentikan pemakaiannya adalah Clean & Clear.

Kalau untuk Ristra ini adalah pembelian kedua kalinya. Kesan pertama yang saya temukan adalah produk ini gentle. Ciri-ciri produk yang gentle adalah meninggalkan kesan licin setelah mencuci muka. Kita justru tidak diberikan kesan kesat. Kesan licin menandakan produk ini lembut dan tak membuat wajah kering. Skincare yang gentle memang dibutuhkan untuk melakukan dua hingga tiga langkah cleansing. Cara tersebut jauh lebih baik dibanding hanya memakai sabun wajah saja dan yang memberi kesan kesat. Sabun muka yang gentle seperti Ristra Med Soap ini lebih aman bagi kulit kita.

Selanjutnya adalah aromanya. Meski saya kurang suka skincare yang beraroma, tetapi Ristra Med Soap ini memiliki aroma yang enak. Aromanya juga tidak membuat sakit di hidung. Busanya memang tidak banyak dan dalam jumlah kecil saja sudah mampu membersihkan seluruh wajah. Selain itu kita tidak perlu melakukan usaha ekstra dalam membersihkan kotoran. Cukup dengan diusap lembut saja. Apa buktinya? Buktinya adalah setelah mencuci muka saya menggunakan toner yang diratakan di wajah memakai kapas. Kapas itu bersih tanpa ada tanda-tanda residu tertinggal.

Saya adalah pelaku double bahkan triple cleansing. Rasa suka menggunakan makeup bahkan untuk kegiatan sehari-hari mengharuskan saya membersihkan wajah secara hati-hati. Tidak hanya memastikan wajah bersih sepenuhnya tetapi proses pembersihan tersebut tidak boleh "merusak" kulit. Karena itu Ristra Med Soap sangat sesuai dengan kebutuhan saya. Saya juga melihat bahwa meski tidak menghalangi datangnya jerawat, jerawat sedikit lebih terkontrol. Bruntusan juga hilang. Walau tidak benar-benar halus setidaknya wajah saya bersih.

FYI, selain Ristra Med Soap saya juga menggunakan micellar water dan milk cleanser. Milk cleanser ini tidak pernah ganti yaitu merek Viva dengan varian green tea. Selain sangat baik dalam membersihkan makeup, kulit saya juga cocok. Tidak kering, tidak menimbulkan jerawat atau bruntusan, mudah ditemukan, dan sangat murah. Ini salah satu produk paling murah yang saya punya tetapi dengan kualitas sangat baik. Saya juga memakai varian tonernya meski tidak memperbaiki kulit ataupun juga merusak. Hasilnya biasa saja.

Micellar water sendiri berganti-ganti tetapi beberapa bulan belakangan saya fokus menggunakan Wardah varian Seaweed. Untuk makeup harian, saya membutuhkan minimal dua buah kapas untuk pembersihan. Walau tidak langsung bersih dan masih harus dibantu milk cleanser, micellar water ini tidak merusak kulit sehingga saya lanjutkan pemakaiannya. Tiga rangkaian produk inilah yang membuat saya merasa nyaman tiap membersihkan kulit dan tidak khawatir mengenai kondisi kesehatan kulit.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama