Senin, 12 Maret 2012

Ip Man 2 : Sekuel Apik dan Akting Ciamik

            Dalam adegan terakhir film Ip Man 2, digambarkan seorang bocah laki-laki yang mengenalkan diri sebagai Bruce Lee datang untuk menjadi murid Yip Man. Khas Bruce Lee, ia bicara dengan saya sedikit menantang dan menyentuh hidungnya. Lalu Yip Man yang lemah lembut dan sopan memintanya kembali suatu saat nanti ketika telah cukup usia sebagai muridnya. Pada usia enam belas tahun, Bruce Lee resmi menjadi murid Yip Man, sang Master Wing Chun. 


liemien.wordpress.com
            Film berdurasi 95 menit ini merupakan sekuel dari film Ip Man. Setelah Yip Man pulih dari luka tembak, ia memulai hidup baru dengan membuka sekolah bela diri Wing Chun di atap bangunan sewa. Pembawaannya yang kalem membuatnya diragukan sebagai seorang master bela diri. Pertemuan pertama dengan calon muridnya kurang mengenakkan. Suatu hari, tak seorang murid pun kunjung datang. Yip Man kedatangan tamu, pemuda bengal bernama Huang Liang yang nantinya menjadi murid pertama Yip Man. Bersama Liang, datang pula tiga sekawan; Chang Shi Xiu, Wei Jian Guo, dan Wang Kun. Kemudian Liang mengajak lebih banyak ornag untuk berguru pada Yip Man.

            Donnie Yen sabagi Yip Man sukses membawakan peran sebagai master Wing Chun berhati mulia. Selain penuh kehati-hatian dalam bertindak, ia juga memiliki kerendahan hati meski ilmunya terbilang mumpuni. Namun hal itu tidak menjadikan tokoh Yip Man membosankan. Donnie Yen mampu menghidupkan emosi penonton. Meski tidak banyak bicara dan suaranya terkesan pelan, Donnie Yen membuktikan bahwa mata lebih banyak berbicara.
            Tak hanya Donnie Yen yang mencuri perhatian. Kepiawaian seorang Sammo Hung, berperan sebagai Master Hung, tak perlu disangsikan lagi. Sammo Hung yang menjadi master aliran Hong dan memiliki perguruan bela diri terbesar di Hong Kong tampil meyakinkan. Sosoknya yang keras, angkuh, percaya diri, dan pantang malu terpancar kuat. Namun Sammo Hung tak lupa menunjukkan sisi manusiawi Master Hung ketika tengah bersama keluarganya. Ia berubah menjadi seorang kebapakan.
            Banyak hal yang ditawarkan film ini. Tak sekedar pertarungan antarperguruan atau persaingan antarmaster. Juga kecintaan para murid terhadap master mereka dan kehidupan keluarga Yip Man. Walaupun istrinya mengeluhkan perjuangan suaminya yang berat dalam membesarkan sekolah bela diri Wing Chun, tapi Yip Man tetap sabar dan memberi pengertian. Ada pula perjuangan membela harga diri dunia bela diri Cina yang diremehkan oleh Barat. 
            Wing Chun merupakan bela diri spesialisasi jarak dekat yang melakukan sikap menyerang sekaligus bertahan diikuti serangan balasan yang cepat. Sekilas, gerakannya terlihat halus seperti menari. Namun dengan Wing Chun, Yip Man berhasil mengalahkan seorang petinju dari Barat yang menghina seni bela diri Cina. Inilah asal muasal perekatan hubungan dan kekompakan antarperguruan bela diri di Hong Kong saat menghadapi kesombongan petinju Barat. Sebelum kejadian ini, Master Hung sendiri dikalahkan oleh sang petinju karena tengah mengalami serangan asma.
            Anda harus menontonnya! Terutama bagi anda pecinta bela diri atau sekedar penggemar film bela diri. Apalagi bila anda penggemar actor Donnie Yen dan Sammo Hung. Sebagai catatan, lebih baik lagi bila anda menikmati sejak sekuel pertama yang beberapa kali tayang di layar kaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar