Selasa, 01 Juli 2014

Update Sekaligus Saring Informasi

guilbored.com

addictivetips.com

Saya bukan pengguna smartphone. Namun saya mengerti bagaimana pentingnya untuk tetap update dewasa ini. Banyak teman-teman saya yang berkata betapa smartphone telah menjadi nyawa kedua dalam hidup mereka. Sebagian besar teman memilih tertinggal dompetnya ketika ke luar rumah dibanding tidak menggenggam smartphone-nya.

Apa sih manfaatnya jika kita update? Banyak! Saya berulang kali memiliki pengalaman enak maupun tidak enak berkaitan dengan update. Misalnya, ada informasi mengenai pengumpulan berkas untuk sidang karena saya mahasiswa tingkat akhir. Bayangkan bila saya tidak mengetahui informasi tersebut. Saya bisa tidak sidang. Itu satu contoh update yang penting untuk saya. Jika terkait dengan kondisi terkini dalam negeri, kita membutuhkan informasi update terus menerus mengenai para calon presiden. Minimal kita tidak akan menyesal setelah mencoblos nanti karena yakin benar-benar tahu siapa yang kita pilih.


Naaah coba kita lihat perkembangan arus informasi saat ini. Informasi bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja (selama ada media dan jaringan internetnya). Tidak melulu dengan smartphone atau pc, kini tablet pun digandrungi. Informasi pun tetap bisa kita dapatkan melalui media cetak maupun elektronik meski tidak secepat situs berita online.

Apakah untuk menjadi update kita harus mengetahui dan menyerap seluruh informasi yang ada? Tidak. Kita perlu menyaringnya. Kita tidak mungkin menghabiskan waktu sepanjang hari hanya membaca koran, menonton berita di televisi, atau membuka situs berita di internet. Tentu ada hal lain yang kita lakukan selain mencari atau mengakses sumber informasi. Kita juga tidak melulu membuka social media, bukan?

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan agar tetap update sekaligus memiliki keseimbangan dalam hidup:
1.     Batasi penggunaan teknologi

Mau itu smartphone, tablet, pc, laptop, pokoknya segala jenis gadget. Kita tidak perlu terus menerus memantau jalannya arus informasi. Hidup akan lebih tenang jika tidak selalu terpaku pada gadget. Melihat layar monitor komputer selama dua belas jam sehari selama satu minggu tidak sehat buat mata kan? Coba ganti kebiasaan dengan mulai membaca buku atau koran.

Sebagian orang merasa bangga ketika ia selalu menjadi yang pertama dalam mengetahui informasi terbaru. Lantas, apa sih gunanya? Bagus sih kalau informasi tersebut kita bagi pada orang lain. Tapi jangan sampai kita tidak punya waktu untuk bersosialisasi dan hanya sibuk melihat berita terbaru. Hindari pula memainkan gadget saat bersama orang lain. Sikap itu menunjukkan kita tidak menghargai lawan bicara.
Apalagi informasi yang begitu cepat belum sepenuhnya diimbangi dengan data yang akurat. Hati-hati dalam membaca berita dan jangan memakan mentah-mentah tulisan di sebuah media. Pikirkan kembali. Apakah media itu kredibel? Siapa yang menulis? Sudah cek dan recek?

2.     Kita tidak akan mati tanpa membuka social media

Tidak perlu selalu memantau timeline. Jangan mudah terpancing emosi dengan twit atau status orang lain. Hati-hati dalam menyebarkan informasi yang menyangkut pihak lain kalau tidak ingin dianggap memfitnah atau merusak nama baik. Pahami bahwa duniamu tidak hanya seputar social media. Keranjingan social media dapat membuat kita menjadi cuek dengan lingkungan.

3.     Miliki alasan dalam menggunakan internet

Kalau Anda blogger, internet adalah bagian dari keseharian. Entah untuk mempostingan tulisan di blog, mengunjungi blog teman, menyebarkan tulisan di blog melalui social media, atau mencari inspirasi tulisan baru. Social media juga membantu blogger dalam meningkatkan kunjungan ke situs pribadinya maupun mendapat informasi semisal lomba atau giveaway.

Pelajar atau mahasiswa pun memiliki alasan kuat dalam menggunakan internet semisal membeli buku di toko online, mengunduh modul pembelajaran gratis, atau mencari tahu perkembangan terbaru mengenai dunia pendidikan. Tentu tidak perlu mendewakan internet meski dengan mesin pencari, hampir tidak ada yang tidak mungkin diketahui. Pikirkan ini: tidak semua data di dunia maya itu valid. Sebaiknya membandingkan data yang ditemukan dengan buku.

Internet memang selalu memiliki daya tarik. Kita juga akan selalu memiliki manfaat dalam penggunaanya. Namun bagaimana cara kita memilah informasi dan menggunakannya dengan baik adalah soal lain.

windowsphone.com
Bagaimana cara mudah kita dalam memilah informasi sehingga kita tidak perlu terus men-scroll timeline atau mengecek situs berita? Mudah. Gunakan saja gadget yang mengakomodasi kebutuhan kita seperti Nokia Lumia dengan Live Tiles-nya yang oke punya. Lho, bukannya semua smartphone juga bisa begitu? Smartphone manapun membantu kita tetap update, kan?

Ini beda. Live Tiles di Lumia membuat kegiatan update menjadi lebih ringkas dan simpel. Apalagi dengan aplikasi People Hub. Kita akan mendapat prioritas melihat update orang-orang yang ada di daftar kontak. Kita bia mengecek pesan singkat, email, Facebook, dan Twitter mereka. Enak kan? Ini salah satu cara mudah dalam memilah informasi dengan cara menyenangkan. Apalagi tampilan Live Tiles bisa disesuaikan oleh masing-masing penggunanya mulai dari warna, ukuran kotak, sampai apa saja yang ingin kita letakkan di startscreen.

Menjadi update bukan masalah kan?
***

2 komentar:

  1. Aloohaa, Lindaa. ..
    Maaf ya, baru mampir.

    Jadi, mau lulus kapan, nih? Tahun ini, dong? :D
    Bener banget, menyeimbangkan aktivitas online dan offlinnya sukaa!

    Btw, post ini belum di daftarkan di kolom komentar, ya. Baru di share di twitter saja. Jadi, mohon di setor ke kolom komentar.
    http://idahceris.com/informasi/honestly-giveaway-jangan-kudet-dong-2/

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh makasih ya mbak udah diingatkan. saya udah share ya di kolom komentar :D


      iya mbak alhamdulillah agustus nanti wisuda

      Hapus